Home > Action, Fantasy > The Avengers: Ketika Bumi Membutuhkan Lebih dari Seorang Super Heroes

The Avengers: Ketika Bumi Membutuhkan Lebih dari Seorang Super Heroes

The Avengers

The Avengers

Agaknya baru pertama kali ini Hollywood menampilkan sebuah film yang menggabungkan banyak Super Heroes dalam satu film. Walaupun untuk pertama kali film ini sudah masuk ke peringkat pertama dalam pendapatan sepekan di domestik Amerika Serikat. Setiap bulan Mei memang akan selalu ada kejutan film-film bagus. Simak saja seperti tahun-tahun sebelumnya seperti Spider-Man, Harry Potter, Iron Man dan lain-lain yang hampir semua film-film bermutu keluarnya bulan Mei, Juni, Juli dan Desember. Dan tidak salah kalau film ini mendapatkan apresiasi yang baik, terlebih bertaburan bintang-bintang yang membintangi masing-masing Super Heroes ini, seperti Robert Downey.Jr, Chris Evans, Chirs Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, dan Mark Rufallo.

Boleh dibilang, awalnya Layar Kotak pesimis terhadap kualitas film The Avengers ini karena ada 2 tokoh yang sama sekali tak punya kekuatan atau alat canggih, siapa lagi kalau bukan Black Widow dan Hawkeye. Ya walaupun kemampuan Hawkeye dalam memanah memang badass. Tidak ada satupun panahnya luput dan orang  yang paling senang berada di tempat tertinggi untuk melihat seluruh keadaan di bawah. Tipikal seorang Marksman.

Tokoh-tokoh yang Muncul

Captain America

Captain America

Captain America

Seorang Super Soldier yang lahir 70 tahun silam. Awalnya Steve Rogers ini adalah seorang yang sakit-sakitan, kurus dan kecil. Bahkan ia sama sekali tak cocok untuk mengikuti tes menjadi seorang tentara. Ia pun kemudian ikut menjadi sukarelawan tentara super, karena hatinya yang baik dia pun akhirnya lulus walaupun seluruh kriteria sebagai prajurit tidak memenuhi syarat, tapi dia mempunyai hati yang tulus. Maka dari itulah ia terpilih. Dan ia pun disuntik serum tersebut, sebelumnya diceritakan Hydra juga menyuntikkan serum ke tubuhnya. Namun yang terjadi serum itu gagal dan mengakibatkan wajahnya terbakar. Untunglah Steve Roger tidak. Dengan peralatan yang dibuat oleh Stark, dia pun akhirnya berhasil menjadi Super Soldier, yang disebut dengan Captain America.

Awalnya Steve Rogers hanya dijadikan ikon semata dalam perjuangannya melawan Nazi. Namun melihat teman-temannya yang butuh bantuan ia pun akhirnya terjun langsung ke medan perang. Dengan perisai yang dibuat oleh Stark, ia pun menjadi salah satu kekuatan pembela kebenaran yang menghancurkan rencana jahat Hydra untuk menguasai dunia. Di akhir ceritanya ia menjatuhkan pesawat Hydra yang membawa bom nuklir ke tengah lautan di Alaska. Steve Rogers tertidur selama 70 tahun, hingga kemudian ditemukan oleh SHIELD. Dan Nicky Fury pun membawanya ke dalam project The Avengers.

Iron Man

Iron Man

Iron Man

Tony Stark adalah seorang jenius. Dia adalah keturunan dan sekaligus pewaris tunggal Stark Industries. Ia juga termasuk playboy, dermawan dan orang yang sangat keras kepala. Sosoknya sebagai Iron Man dikenal dalam film Iron Man yang sekaligus memberitahukan ke seluruh dunia bahwa dia adalah Iron Man. Dalam cerita Iron Man 2, dia harus membuat sebuah sumber energi independen baru untuk menggantikan Paladium. Paladium digunakan untuk menggantikan hatinya yang rusak akibat serpihan logam yang meledak ketika dia ditawan oleh militan. Ia pun kemudian memasukkan paladium pada sebuah alat yang ditaruh di hatinya agar serpihan-serpihan logam tidak masuk ke jantungnya. Ya, Tony Stark membuatnya sendiri.

Di akhir cerita Iron Man 2, ia didatangi oleh Nicky Fury untuk ikut program The Avengers. Karena melihat kemampuan Tony Stark yang cerdas, jenius, serta memiliki baju yang di dalamnya terdapat tank dan bisa terbang, apalagi yang dibutuhkan oleh dunia selain dia? Dia pun akhirnya menjadi salah satu harapan bumi untuk melawan kekuatan besar yang ingin menghancurkan bumi.

Thor

Thor

Thor

Cerita dewa Norshe mengkisahkan Thor sebagai seorang pewaris tahta dari Asgard. Karena kesombongan Thor, Odhin Allfather menghukumnya untuk tidak bisa menggunakan Palu Thor-nya sampai ia pantas untuk menggunakannya. Thor pun dibuang ke bumi dan di bumi berkenalan dengan Jane yang mengubah pandangannya tentang manusia selama ini. Ia pun akhirnya menjadi lembut dan bersekutu dengan manusia untuk melindungi bumi. Palu Thor pun kembali kepadanya, ia harus membuat perhitungan dengan Loki saudara angkatnya yang membuat kehancuran di mana-mana.

Untuk mecari Tesserac yang dicuri Loki, Thor pun mengejar Loki sampai ke bumi. Ia sempat bersitegang dengan Captain America dan Iron Man, sampai kemudian ia bergabung dengan The Avengers untuk mencegah bumi diserang oleh Chitauri, pasukan yang dibuat oleh Thanos.

Hulk

Hulk

Hulk

Dr. Bruce Banner terkena radiasi sinar gama. Ia pun bermutasi menjadi makhluk raksasa hijau yang sulit dikendalikan, sadis dan brutal. Raksasa hijau itu dijuluki Hulk. Bertahun-tahun Banner menjadi seorang buronan oleh FBI, tapi ternyata tidak. Pemerintah, khususnya SHIELD menjaga jarak dengannya karena tahu efek yang terjadi kalau HULK marah. Merasa The Big Guy ini menguntungkan untuk proyek The Avengers, maka dia pun direkrut oleh Nicky Fury. Black Widow jadi orang yang menjemputnya dengan bantuan seorang anak kecil yang pura-pura keluarganya sakit. Bruce Banner dan Tony Stark bekerja sama untuk menemukan Tesseract.

Black Widow

Black Widow

Black Widow

Seorang mata-mata yang bernama asli Natasha Romanov. Dia muncul pertama kali dalam Iron Man 2, yang menyamar sebagai asisten Tony Stark. Wajahnya sangat dingin dan selalu berhasil dalam setiap misinya menjadi mata-mata. Dalam setiap aksinya ia melakukan banyak hal yang membahayakan. SHIELD menugaskan Romanov untuk menjemput Bruce Banner. Ia juga harus mengetahui taktik yang dipakai Loki untuk memecah belah The Avengers dan apa senjata Loki untuk menghancurkan SHIELD.

Natasha merupakan teman dekat Hawkeye, mereka telah menempuh bahaya dan misi bersama-sama. Dalam sebuah adegan tampak Natasha sangat memperhatikan akan keselamatan Hawkeye sewaktu Loki mempengaruhi Hawkeye membelot kepada SHIELD.

Hawkeye

Hawkeye

Hawkeye

Clinton Francis Burton, seorang pemanah ulung. Walaupun senjatanya panah, tapi panahnya punya mata panah yang ia modifikasi sendiri. Burton kehilangan kedua orang tuanya dalam sebuah kecelakaan. Kemudian dia diasuh oleh Swordsman dan diajari memanah sehingga menjadi pemanah ulung. Ia bekerja sebagai seorang pemanah di sebuah sirkus dengan julukan Hawkeye. Suatu ketika ia berjumpa dengan mata-mata Rusia Black Widow sehingga ia pun akhirnya jatuh cinta kepadanya dan menjadi pasangan. Hawkeye muncul pertama kali dalam film Thor.

Vilains

Loki

Seorang dewa sesat Norse. Dia saudara angkat Loki yang membelot, memfitnah Thor dan yang menyebabkan Asgard diambang kehancuran. Dialah yang mencuri Tesseract. Setelah ia pergi dari Asgard, dia menemui Thanos dan diberikan sebuah tombak yang memiliki kekuatan besar. Tombak ini pula bisa menghipnotis orang lain untuk tunduk kepada perintahnya. Hawkeye dan Erik Selvig dihipnotis sehingga menuruti segala perintahnya untuk mengaktifkan kekuatan dari Tesseract.

Loki

Loki

Thanos

Dalam komik Marvel, Thanos muncul pertama kali dalam cerita Iron Man. Thanos sebenarnya adalah salah satu tokoh mitologi dewa-dewa Yunani. Dia berdarah Deviant. Dengan kekuatan mistik dan bioniknya, ia pun menjadi seorang Titan. Kekuatan Thanos sendiri berasal dari sebuah sarung tangan yang disebut Infinity Gauntlet. Sarung tangan ini muncul di film Thor, di ruang rahasia Odhin. Kemunculan Thanos di film The Avengers ini hanya sebentar tapi cukup memberikan penilaian bahwa dia akan muncul di lanjutan film ini. Thanos ingin mengirimkan pasukannya ke bumi dengan memerintah Loki untuk mengaktifkan Tesseract. Dan sebagai imbalannya Loki akan dijadikan raja.

Chitauri

Chitauri adalah pasukan buatan Thanos. Mereka disummon dari ruang angkasa lain dengan kekuatan Tesseract. Dan para super heroes yang tergabung dalam The Avengers ini harus menghadapi ratusan Chitauri yang muncul dari lubang teleport yang dibuat oleh Tesseract.

Apa itu Tesseract yang menjadi rebutan di dalam film The Avengers ini?

Tesseract awalnya adalah milik Loefy. Dialah yang mengakibatkan bumi menjadi zaman es kala itu. Namun Odhin berhasil merebutnya dan menyimpannya dalam ruang rahasianya. Kekuatan Tesseract yang begitu kuat membuat Loki membuat rencana sendiri ingin menguasainya. Ia bersekutu dengan Thanos untuk membawa Chitauri ke bumi dengan bantuan Tesseract. Tesseract sendiri di bumi ditemukan oleh Hydra. Bahkan membuatnya sebagai sumber energi untuk menghancurkan dunia. Tesseract harusnya tenggelam di Lautan Pasifik dan terlupakan, namun Stark menemukan Tesseract ini dan menyimpannya di SHIELD. Loki mengetahui keberadaan Tesseract ini dan kemudian mengambilnya dari tangan SHIELD.

Story

Warning! Apa yang akan dituliskan di bawah ini adalah Spoiler. Kalau Anda tidak suka sebaiknya tidak dibaca.🙂 :peace:

Markas SHIELD mendapatkan warning. Tesseract terbangun dengan kekuatan yang tidak stabil. Dr. Erik Selvig pun tidak mengerti apa yang terjadi. Dan secara tiba-tiba di dalam ruangan Tesseract, muncullah Loki. Loki langsung membuat keributan dengan mengatakan bahwa Tesseract itu miliknya. Tak ada satupun peluru yang menembus Loki. Bahkan Hawkeye pun harus tunduk dengan tombaknya Loki. Dr. Erik Selvig pun dihipnotis sehingga mereka berdua mengikuti Loki. Nick Fury berusaha untuk menyelamatkan Tesseract sebelum diambil oleh Loki, namun dia dicegah oleh Loki dan ditembak oleh anak buahnya sendiri. Loki, Hawkeye, dan Dr. Selvig berserta beberapa orang anggota SHIELD melarikan diri.

Sebelum jauh Agent Hill diberitahu oleh Nick Fury yang ternyata tidak terluka parah oleh tembakan yang mengenainya. Hill yang berpapasan dengan Hawkeye pun awalnya tidak curiga, sampai Nick Fury memberitahu, lalu ia pun mengejar Loki. Terjadi kejar-kejaran di lorong bawah tanah SHIELD. Agen Phil Coulson dan beberapa anak buahnya sempat melarikan diri. Efek energi dari Tesseract menyebabkan ledakan yang besar sehingga markas SHIELD tenggelam ke dalam tanah.

Kemudian scene beralih ke Natasha Romanov yang sedang dalam tugas penyamaran untuk mengorek keterangan dari salah satu jendral Rusia. Di dalam misinya itu ia ditelpon oleh Phil Coulson karena ada tugas yang lebih penting dan juga Hawkeye membelot. Segera Natasha menghajar seluruh orang-orang yang menyiksanya itu. Ia ditugaskan untuk menjemput Big Guy, yaitu Dr. Bruce Banner.

Dr. Bruce Banner berada di India. Ia mengobati orang-orang yang terkena wabah. Namun seorang anak kecil dengan membawa uang dan wajahnya memelas ingin agar Dr. Bruce Banner menolong orang tuanya. Maka dibawalah Banner ke sebuah rumah terpencil di pinggiran kota. Namun anak tersebut lari. Ternyata di dalam rumah tersebut ada Natasha Romanov. Ia membujuk Banner untuk menemui Nick Fury, dan ia meyakinkan Banner bahwa dia sendirian. Setelah Banner setuju Romanov mengatakan kepada seluruh pasukannya agar tenang karena Banner bersedia.

Steve Roger sang Captain America mendapatkan misi untuk menyelamatkan dunia dari Nick Fury. Ingatannya tentang masa lalunya masih menghantui. Seluruh teman-temannya telah mati, dan ia seperti orang asing di dunia baru tersebut. Nick Fury memberikan tugas kepada Steve Roger untuk mengejar Loki yang membawa Tesseract.

Tony Stark sedang menyambung kabel bawah laut dengan baju Iron Man-nya. Ia membuat sebuah menara yang disebut dengan Stark Tower. Ia sendiri menyebut menaranya itu hebat, tapi tidak bagi Pepper. Ketika mereka saling beradu argumen tentang hak bagian masing-masing muncullah Phil Coulson. Phil Coulson menyebutkan bahwa Tesseract dicuri. Tony mempelajari arsip filenya dan bersedia menemui Nick Fury untuk menyelamatkan dunia.

Loki dan orang-orang yang dipengaruhinya segera membuat peralatan untuk bisa menggunakan tenaga Tesseract sebagai gerbang antar dimensi. Thanos mengancam Loki kalau tidak bisa menggunakan Tesseract ia tidak akan jadi raja. Chitauri tidak akan menjadi pengikutnya. Tujuan Thanos agar bisa membawa Chitauri ke bumi. Untuk bisa mengaktifkan Tesseract mereka membutuhkan sebuah alat yang dimiliki oleh seorang ilmuwan di Jerman. Dan untuk masuk ke ruangan ilmuwan tersebut dibutuhkan kornea mata ilmuwan tersebut. Loki pun menuju ke Stuttgard, Jerman.

Di Jerman, Loki mengacau sebuah seminar. Ia “mengambil” secara paksa mata sang ilmuwan, kemudian oleh Hawkeye digunakan untuk membuka pintu, lalu membawa alat tersebut. Loki dengan kemampuan dewanya mengancam orang-orang agar tunduk kepadanya. Keberadaan Loki di Jerman pun diketahui oleh SHIELD. Mereka segera menerjunkan Captain America dan Natasha untuk kesana. Natasha mengancam Loki untuk menjatuhkan tombaknya, namun Loki tidak bergeming. Kemudian terjadi pertarungan antara Captain America dengan Loki, lalu Iron Man muncul dan ikut bertarung dengan Loki. Loki pun menyerah.

Ketika Loki dibawa oleh Captain America, Iron Man dan Black Widow. Thor mengacau. Ia membawa Loki untuk diinterogasi dengan caranya. Iron Man tidak terima perlakuan Thor, karena ia telah membawa tawanan. Terjadilah pertarungan untuk memperebutkan Loki. Thor melawan Iron Man, namun semuanya dihentikan oleh Captain America, karena tujuan mereka sama.

Di Markas SHIELD, Loki ditahan. Dia dikurung dalam sebuah tabung. Yang apabila tabung itu tergores sedikit saja maka akan jatuh ke bumi. Loki di markas SHIELD, berusaha mempengaruhi Natasha Romanov. Namun Natasha mengetahui siasat Loki yang ingin mengadu antara para Avengers. Loki ingin menggunakan Banner yang bisa berubah menjadi Hulk untuk mengacau. Sementara itu Tony Stark dan Banner ingin mengetahui apa yang diinginkan oleh SHIELD. Captain America pun ikut menyelidiki dan ia mendapati senjata anak buah Hydra di sana dan mereka mendapati bahwa SHIELD merancang sebuah hulu ledak yang bersumber dari energi Tesseract. Nick Fury yang mengetahui hal ini beradu debat dengan anggota Avengers. Di saat mereka berdebat dan adu argumen itulah tombak milik Loki yang ada di ruangan itu memancarkan hawa kebencian. Dan secara tak sengaja Banner memegang tongkat itu.

Tiba-tiba mereka diserang oleh Hawkeye. Mereka berencana untuk membebaskan Loki. Mesin pesawat induk SHILED dihancurkan. Komputer pun dirusakkan oleh Hawkeye. Natasha pun berusaha mengejar Hawkeye, namun ternyata Banner saat itu kehilangan kendali. Ia pun berubah menjadi Hulk dan mengejar Natasha. Natasha ditolong oleh Thor. Hulk dan Thor bertarung. Pertarungan Thor dan Hulk bisa berakibat menghancurkan mesin, akhirnya sebuah pesawat SHIELD berusaha memancing Hulk. Benar, Hulk terpancing, ia menaiki pesawat itu dan menghancurkannya. Dan Hulk pun terlempar oleh ledakan. Iron Man dan Captain America berusaha menjalankan mesin secara manual. Karena baling-baling mesinnya macet. Mereka pun harus berjibaku dengan pasukan SHIELD yang dipengaruhi oleh Loki. Thor menemui Loki dan menyuruhnya untuk mengakhiri ini semua dan mengatakan di mana Tesseract. Sayangnya Thor ditipu Loki sehingga masuk kurungan yang tadinya dipakai Loki untuk mengurung. Thor pun meluncur turun ke bumi dengan kecepatan tinggi, tapi ia selamat. Natasha berhasil melumpuhkan Hawkeye setelah melalui pertarungan. Captain America dan Iron Man pun akhirnya berhasil mempertahankan mesin hidup lagi sebelum mereka terjun bebas ke bumi. Sayang sekali mereka harus kehilangan Phil Coulson. Loki membunuhnya, sekalipun Phil bisa menembakkan senjatanya ke arah Loki.

Untuk sesaat seluruh kru berkabung atas meninggalnya Agen Phil Coulson. Bahkan Nick Fury memberikan kartu yang bergambar Captain America kepada Steve Rogers, kartu itu milik Phil yang sayangnya terdapat bercak darah dari Phil Coulson. Dari sini semangat para Avengers pun membara. Hawkeye sudah sadar. Tony Stark dan Steve Rogers berpikir dengan cara apa Loki akan memanggil Chitauri. Akhirnya jawaban pun ditemukan bahwa Loki pasti ingin menempatkan Tesseract di atas menara Stark.

Benar, Loki dengan bantuan Erik Selvig menghidupkan Tesseract. Di sinilah perang antara kebaikan dan kejahatan dimulai. Para Superheroes bersatu padu untuk melawan Chitauri, pasukan Thanos dari dunia lain. Tak banyak yang bisa diceritakan selain lebih baik menonton sendiri ketegangan pertempuran ini daripada diceritakan.

Sekali lagi, lagi-lagi intrik politik bermain di sini. Dewan pun khawatir akan keselamatan bumi dan menginginkan kekuatan nuklir untuk mencegah semuanya hancur. Dua pesawat dari SHIELD membelot. Satu pesawat dilumpuhkan oleh Nick Fury, namun satunya berhasil kabur. Nick Fury memberi tahu Iron Man, bahwa sebuah bom nuklir sedang menuju ke kota. Iron man berpendapat bahwa ia bisa mengirimkan bom itu ke lubang tempat Chitauri muncul. Sementara itu Natasha berusaha mematikan Tesseract dengan menggunakan tombak Loki yang terjatuh. Iron Man berhasil mengirimkan bom nuklir itu ke pesawat besar yang ditempati oleh Chitauri dan dalam waktu yang sempit lubang tertutup dan Iron man jatuh bebas. Bersamaan dengan itu seluruh Chitauri tiba-tiba ambruk. Iron Man ditangkap oleh Hulk. Untuk sesaat Tony Stark tak sadarkan diri, namun ia masih hidup setelah mendengar geraman Hulk. Loki pun ditangkap dan harus dibawa kembali ke Asgard.

Dunia akhirnya berterima kasih atas The Avengers. Thor membawa Loki bersama Tesseract kembali ke Asgard. Natasha dan Burton kembali kepada tugasnya. Banner dan Tony Stark pergi dengan mobilnya. Captain America tetap bersama SHIELD, dan keberadaannya disembunyikan, walaupun suatu saat dibutuhkan ia akan hadir. Di ending ada penampakan Thanos. Yang besar kemungkinan akan muncul di film The Avengers selanjutnya.

Review

Overall film ini murni action. Ratting Remaja yang diberikan kepada film ini pas. Tidak ada pertumpahan darah sampai berdarah-darah di film ini, walaupun seharusnya ada fatality yang dilakukan oleh Loki terhadap salah satu ilmuwan ketika mengambil matanya. Kita hampir setiap tahun disuguhi oleh film super heroes dan adanya The Avengers ini merupakan hal yang baru. Tidak ada drama yang begitu mendalam, selain kematian Phil. Akting para jagoannya pun tidak bisa dianggap sebelah mata karena mereka termasuk bintang-bintang besar yang sudah berjaya. Scarlet Johansson memerankan Black Widow dengan apik, tanpa ekspresi dan menyimpan rahasia misterius. Tom Hiddleston memerankan Loki dengan apik. Aktingnya yang dingin, haus kekuasaan dan punya kemampuan memanipulasi lawan sangat mengena.

Ada sebuah hole sebenarnya, yaitu ketika lubang antar dimensi tempat di mana Chitauri masuk ke bumi. Bukankah lubang itu adalah luar angkasa. Seharusnya apabila di lubang tersebut adalah luar angkasa. Maka oksigen dan segala benda yang ada di bumi akan tersedot ke sana karena pengaruh tekanan. Sebagaimana sebuah pesawat luar angkasa ketika pintunya terbuka, maka udara akan keluar ke pintu itu. Namun hal itu tidak terjadi di film ini.

Tapi dengan rating film ini di IMDB sampai 8 maka sudah sepantasnya. Bagi mereka pecinta komik marvel, pasti tidak akan meninggalkan tempat duduk mereka sampai film ini selesai. Maka dari itu, siapkan soft drink, pop-corn dan enjoy the show.

Nilai

Layar Kotak menilai film ini dengan poin 8 dari total 10 poin. Layak untuk dijadikan acara nonton bareng. Anda tidak akan kecewa dengan budget yang dikeluarkan sebesar 200 juta US$ untuk membuat film ini sekedar menonton sekali. Film ini layak ditonton berkali-kali.

Crew

Cast: Chris Evans, Robert Downey .Jr, Scarlet Johansson, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Jeremy Renner, Tom Hiddleston, Samuel L Jackson, Clark Gregg, Cobie Smulders, Gwyneth Paltrow

Original Music: Alan Silvestri

Producer Design: James Chinlund

Producer: Kevin Feige

Story: Zack Penn, Joss Whedon

Comic Book: Stan Lee, Jack Kirby

Directed by: Joss Whedon

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar dong bero

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: