Home > Action, Kids, Serial, Tokusatsu > Kamen Rider Kabuto: Let’s go Hyper

Kamen Rider Kabuto: Let’s go Hyper

Kamen Rider Kabuto

Kamen Rider Kabuto

Franchise Kamen Rider tak akan ada habisnya sepertinya. Layar Kotak mempersembahkan sebuah review dari salah satu Franchise Kamen Rider yang memang sangat digemari beberapa tahun silam, yaitu Kamen Rider Kabuto. Sebenarnya akan juga diulas kamen rider-kamen rider yang lain, tapi berhubung Kamen Rider yang ini mendapatkan tempat di hati penulis, maka Kamen Rider Kabuto mendapatkan kesempatan pertama yang direview. Kamen Rider ini termasuk zaman Ishinomori. Ada dua zaman Kamen Rider yaitu Showa dan Ishinomori. Tentu saja ide dan konten dari Kamen Ridernya sendiri pun berbeda.

Story

Cerita diawali tentang sebuah bencana yang terjadi di bumi. Sebuah bongkahan asteroid menghantam Jepang, mengakibatkan kerusakan yang tak terhitung kecil. Namun dibalik bencana itu muncullah makhluk-makhluk yang bernama Worm. Worm mempunyai kemampuan Mimic, yang bisa meniru suara, sifat dan wajah dari para korbannya. Worm yang sudah Melted menjadi Worm super yang mempunyai kemampuan Clock UP. Clock Up adalah kemampuan di mana seseorang bisa bergerak melebihi kecepatan suara. Karena itulah sebuah organisasi bernama ZECT membuat Zecter dan dikombinasikan dengan sebuah belt yang bisa merubah seseorang menjadi Kamen Rider. Dalam tugasnya untuk menjaga sebuah belt, Kagami Arata bersama Yuzuki Misaki dan Tadokoro berusaha melindungi belt itu agar tidak sampai jatuh ke tangan orang yang salah. Namun di tengah jalan, zecter dari belt tersebut memilih Tendo Souji sebagai Kamen Rider. Dan Tendo Souji pun menjadi Kamen Rider Kabuto.

Kamen Riders

Kamen Rider yang muncul di dalam serial ini sangat banyak. Antara lain:

Kamen Rider Kabuto, tokoh utama perubahan dari Tendo Souji. Bisa Cast Off untuk melakukan Clock Up, dan perubahan terakhirnya adalah Super Hyper Beetle yang bisa mundur ke masa lalu. Kemampuan Hypernya pun bisa menggabungkan beberapa zecter seperti zecter milik Drake, The Bee (Zabi), SasSword pada sebilah pedang yang bisa berubah menjadi beam gun. Jurusnya Rider Kick, senjatanya selain Hyper Sword adalah Kabuto Axe dan sebuah pedang pendeng (Rider blade?)

Kamen Rider Gattack

Kamen Rider Gattack

Kamen Rider Gattack adalah perubahan dari Kagami Arata. Ia mendapatkan belt dan zecter Gattack di saat ada seekor Worm yang sangat kuat. Dia pun mendapatkannya dengan tidak menyerah bahkan kritis hampir mati disaat menaklukkan Gattack Zecter. Ia bisa melakukan Cast Off untuk Clock Up. Senjatanya berupa golok yang berasal dari antena di kepalanya, di bahunya bisa memuntahkan peluru dan dengan stag-nya ia bisa memotong lawan dengan gunting. Perubahan terakhirnya adalah Super Hyper Stag Beetle, yang hanya ada di spin off, tidak ada di serialnya.

Kamen Rider The Bee (Zabi). Mungkin Kamen Rider yang plin-plan. Kenapa? Karena awalnya Kamen Rider ini dimiliki oleh Sou Yaguruma, lalu karena merasa kalah oleh Tendo, The Bee pun pindah tangan ke Shun Kageyama. Tak cuma itu The Bee pun sempat dipakai oleh Kagami, namun ia merasa kekuatan The Bee tak cocok untuknya sehingga Gattack pun memilih dia sebagai Kamen Rider dan dia sangat cocok menjadi Gattack. The Bee bisa Cast Off untuk Clock Up, senjatanya adalah Rider Sting.

Kamen Rider Drake. Daisuke Kazama adalah pemilik zecter Drake. Kamen Rider ini pun lebih unik lagi. Ia tak menggunakan belt untuk berubah. Tapi menggunakan pistol yang kemudian zecternya ditancapkan ke pistol tersebut untuk bisa berubah menjadi Kamen Rider Drake. Bisa Cast Off untuk Clock Up, dan kemampuannya adalah Rider Shooting.

Kamen Rider Sasword. Kamen Rider ini sama seperti Drake, cara berubahnya tidak lazim, yaitu dengan menggunakan pedang dan zecter. Bisa Cast Off untuk Clock Up, kemampuannya tentu saja Rider Sword. Kamishiro Tsurugilah yang menjadi Kamen Rider ini.

Kamen Rider Sasword

Kamen Rider Sassword

Kamen Rider Punch Hooper. Setelah tidak cocok dengan The Bee dan galau, lalu pergi dari ZECT, Kageyama pun mengikuti jejak Sou Yaguruma memakai belt dan Zecter Punch Hooper. Kamen Rider Kick Hooper dan Kamen Rider Punch Hooper di serial ini tidak memakai Cast Off untuk Clock Up. Jurus andalannya adalah Rider Punch.

Kamen Rider Kick Hooper. Muncul secara tiba-tiba disaat Kabuto terdesak oleh Worm level baru. Dia adalah perubahan Shou Yaguruma. Shou mengatakan ia memilih jalan kegelapan karena dengan kegelapan ia akan mendapatkan kekuatan. Di dalam serial ini masih menjadi misteri, dari mana mereka (Yaguruma dan Kageyama) mendapatkan belt Hooper tersebut. Kamen Rider Kick Hooper tidak bisa Cast Off, dan mereka bisa melakukan Clock Up, jurusnya adalah Kick Hooper.

Kamen Rider Dark Kabuto. Kamen Rider ini adalah kembaran dari Tendo Souji dari dimensi lain. Tujuannya adalah untuk merebut Hiyori dari tangan Tendo. Bentuknya mirip dengan Kabuto, kemampuannya pun sama, hanya saja tidak bisa berubah ke Hyper Mode.

Tokoh-tokoh

Tendo Souji diperankan oleh Hiro Mizushima. Seorang pemuda yang merasa dirinya paling kuat. Pintar memasak dan selalu punya feeling tentang keberadaan Worm. Hero dalam serial ini. Keluarganya dibunuh oleh Worm dan pada tengah cerita ia tahu bahwa Hiyori masih hidup, sekalipun dalam bentuk Worm. Dan ia pun mengorbankan segalanya bahkan menjadi musuh siapapun yang menyakiti Hiyori. Tendo Souji selama di film selalu berkata “Obachan ga teitetta” (nenek pernah berkata)…. yang mana ditambah dengan pose telunjuknya menunjuk ke langit. Pose khas ini yang menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri di banding Kamen Rider-Kamen Rider yang lain.

Satonaka Yui sebagai Hiyori Kusakabe

Satonaka Yui sebagai Hiyori Kusakabe

Hiyori Kusakabe diperankan oleh artis cantik Satonaka Yui. Ia adalah adik Tendo yang hilang yang kedua orang tuanya mati ketika peristiwa jatuhnya asteroid ke bumi. Tendo sangat care kepada Hiyori walaupun terkadang Hiyori sebal kenapa selalu ia yang jadi sasaran untuk memasak dan mengerjakan segala sesuatu. Padahal Tendo sendiri bisa melakukannya bahkan lebih baik. Di akhir-akhir cerita Hiyori menampakkan sayangnya kepada Tendo setelah mengetahui pengorbanan Tendo Souji kepada dirinya.

Kagami Yura Arata diperankan Sato Yuki. Seorang yang sangat ingin menjadi Rider. Sayangnya ia sial terus. Orang yang keras kepala bahkan setelah ia menjadi Kamen Rider Gattack. Orang yang bertindak tanpa perhitungan dan terlalu sembrono. Ia sangat mencintai Hiyori, setelah ia tahu bahwa Tendo adalah kakak dari Hiyori, ia pun sangat menghormati Tendo dan berjuang bersama-sama untuk memusnahkan Worm.

Shou Yaguruma diperankan oleh Tokuyama Hidenori, awalnya adalah salah satu komandan pasukan Zect, pemegang The Bee. Ia juga terkenal dengan Kanzen Chowa (Perfect Harmony). Awalnya ia senang bisa mengalahkan Tendo Souji dalam memasak. Namun hal itu dikarenakan Hiyori suka masakan panas, sedangkan masakan Tendo waktu itu tidak panas. Yaguruma pun bingung memilih jalan, untuk terus bersama Zect atau menjadi dirinya sendiri. Ia pun akhirnya menempuh jalan kegelapan untuk memerangi Worm dan mendapatkan kekuatan terkuat dengan menjadi Kamen Rider Kick Hooper.

Shun Kageyama diperankan oleh Uchiyama Masato, awalnya adalah anak buah dari Shou Yaguruma. Ia sangat ngefans dengan Yaguruma, namun dikarenakan ia sangat licik dan greedy, untuk mendapatkan kekuatan Rider, ia pun dianggap sebagai musuh oleh setiap orang termasuk Zect sendiri. Awalnya ia sangat  senang Yaguruma pergi dan mendapatkan The Bee, namun ia pun harus kalah oleh seekor Worm dan akhirnya mengikuti jalan Yaguruma sebagai orang yang dia anggap sebagai kakak sendiri.

Daisuke Kazama diperankan oleh Kato Kazuki, seorang yang ahli dalam make up. Kemana-mana ia selalu membawa sebuah kotak yang berisi peralatan make up. Dan ia kemana-mana selalu bersama Gon, seorang gadis kecil yang ia tolong karena kabur dari rumah dan tidak mau lagi pulang ke rumah. Awalnya ia tak mau bekerja sendiri sebagai Kamen Rider Drake, namun setelah Gon mendapatkan ancaman dari Worm, akhirnya ia merasa berhutang budi kepada Tendo Souji.

Kamishiro Tsurugi diperankan oleh Yamamoto Yusuke, seorang anak jutawan yang sangat bangga dengan kekayaannya walaupun sebenarnya ia sudah bangkrut. Ia sangat membenci worm dan ingin memusnahkan seluruh worm. Hal itu karena ia melihat dengan mata kepalanya sendiri kakaknya dibunuh oleh Worm. Ketika ia mengetahui bahwa Misaki Yuzuki sangat mirip dengan kakaknya ia pun berusaha mendekatinya. Akhirnya nahas bagi Tsurugi, ia mengetahui kenyataan bahwa dirinyalah sebenarnya adalah worm yang telah membunuh kakaknya sendiri sedangkan ia tak menyadarinya. Pertempurannya dengan Kabuto merupakan pertempuran yang tak akan bisa dilupakan oleh siapapun.

Natsumi Okumura sebagai Juka Tendo

Natsumi Okumura sebagai Juka Tendo

Juka Tendo diperankan oleh Natsumi Okumura, mungkin satu-satunya cewek yang paling cute di serial Kamen Rider ini. Ia adalah adik angkat dari Tendo Souji. Sangat periang dan menyukai masakan Tendo. Tendo dan Juka tinggal serumah, setelah ia kenal dengan Hiyori, ia pun dekat dengan Hiyori.

Yuzuki Misaki diperankan oleh Nagata Anna, salah satu anak buah Zect yang bertugas bersama Tadokoro Shuichi untuk membasmi Worm. Ia juga bekerja sama dengan Kagami Arata. Awalnya ia tak ingin belt zecter Kabuto dimiliki oleh Tendo, akhirnya setelah mengetahui bahwa hanya Tendo satu-satunya yang bisa menguasai belt Kabuto tersebut, ia pun akhirnya rela menyerahkan belt tersebut kepada Tendo Souji.

Tadokoro Shuichi diperankan oleh Yamaguchi Yoshiyuki, adalah atasan Misaki. Dialah yang menugaskan Misaki dan Kagami untuk memburu worm-worm yang berbuat jahat. Di akhir episode pun baru diketahui bahwa selama ini ia juga adalah Worm, yang mana ternyata tak suka dengan cara ZECT yang ternyata adalah Worm juga.

Jiiya diperankan oleh Umeno Yasukiyo, adalah pembatu Tsurugi. Dia sangat setia sebagai bawahan, dan mungkin orang yang paling berperan besar di dalam serial ini. Ilmu memasaknya tak kalah hebat dengan Tendo, bahkan selalu bersaing. Sekalipun begitu ia pun membantu Tendo dalam beberapa hal.

Gon diperankan oleh Kanzaki Airu, anak kecil yang ditolong oleh Daisuke.

Review

Agaknya pertarungan antar Rider masih menjadi pilihan bagi Oshinomori. Dimulai dengan Kamen Rider Kuuga yang memang ceritanya tidak banyak dimengerti oleh anak-anak. Monster yang dinamai dengan nomor-nomor, lalu Kamen Rider Ryuki yang jelas-jelas di sana ceritanya sangat berat dan antara Rider bertarung mati-matian. Kamen Rider Kabuto pun seperti itu. Disamping musuh utamanya adalah Worm, terjadi intrik pribadi antara sesama Rider yang mengharuskan mereka bertarung.

Sekali lagi, kalau Anda terlalu banyak melihat hal yang absurd di dalam serial ini, itu wajar. Sebagaimana khas-khas serial Kamen Rider pada umumnya. Namun karena tekhnologi sekarang sudah canggih, maka efek-efek komputer lebih ditunjukkan di dalam serial Kamen Rider sekarang. Tentunya setiap orang sangat hafal dengan gerakan-gerakan Kamen Rider ketika masa Showa seperti Kamen Rider RX, di Kamen Rider Kabuto ini, sedikit gerak. Yang hafal mungkin cara berubahnya yang unik, dengan menarik tuas zecternya dan memencet tombol Clock Up yang ada di pinggang kanan. Contoh absurd-nya adalah ketika seorang Rider menebas seekor Worm, tiba-tiba scene berubah ke sebuah tempat yang lapang. Atau ketika pertarungan dengan Clock Up misalnya, awalnya memakai Rider Bike, namun setelah pertarungan selesai dan Clock Over (selesai Clock Up/ mode normal) motornya yang masih berdiri di jalan tadi harusnya jatuh, tapi tidak ditampilkan.

Overall, sedikit sekali serial Kamen Rider yang mana bisa seperti tokoh Kotaro Minami yang Legendaris itu. Dan itu walaupun tidak bisa ditemukan pada diri Tendo Souji, tapi ia telah memberikan sebuah kesan tersendiri dengan quote-quotenya yang ajaib serta sikapnya yang cool dan arogan. Sekalipun ia cool dan arogan, ia tetap menunjukkan jati dirinya sebagai seorang hero.

Nilai

Saya beri nilai 9 dari 10 untuk serial Kamen Rider ini.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar dong bero

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: