Home > Action, Documentary, Drama, Psychology, Thriller > Chronicle: Ketika Dirimu Memiliki Kekuatan Super Heroes

Chronicle: Ketika Dirimu Memiliki Kekuatan Super Heroes

Chronicle

Chronicle

Apa yang akan Anda lakukan ketika tiba-tiba mendapatkan kekuatan super? Anda bisa terbang, bisa mengendalikan benda tanpa menyentuhnya, bahkan tidak ada satupun peluru yang sanggup menyentu Anda. Tentunya sangat menyenangkan punya kekuatan seperti itu. Hanya saja, bagaimana kalau setiap hari Anda dibully oleh teman-teman Anda? Dilecehkan bahkan dihina. Kemudian ayah Anda selalu menyakiti Anda setiap harinya, jauh dari cewek-cewek, dan Anda terkesan seperti nerd? Tentunya dengan kekuatan super tersebut bisa merubah semuanya. Tapi apakah semudah itu?

Chronicle memberikan sebuah pemahaman bahwa Anda yang mempunyai kekuatan bukan berarti Anda bisa mengendalikan kekuatan tersebut. Bukan berarti juga Anda bisa memakai sembarangan kekuatan tersebut. Sebab di dalam kekuatan yang besar tersimpan tanggung jawab yang besar. Itulah yang sebenarnya yang ingin disampaikan di film ini. Sekali pun itu juga di dalam film ini diceritakan bahwa persahabatan itu sangatlah penting.

Story

Andrew punya seorang ibu yang sakit-sakitan. Ia baru saja beli kamera baru dan berencana merekam seluruh aktivitasnya setiap hari. Bahkan ingin juga merekam kelakuan ayahnya yang setiap hari mabuk-mabukan dan memukulnya. Andrew pun di sekolah selalu dibully oleh teman-temannya, juga di sekitar rumahnya ia selalu dibully. Hal itu membuat ia patah semangat dan serasa tidak ada kehidupan yang baik. Satu-satunya yang membuat ia terhibur adalah kamera barunya itu, juga sepupunya yang bernama Matt. Matt sebenarnya sangat menyayangi sepupunya itu, karena tahu bahwa kondisi sepupunya sangat rapuh, tapi ia tak pernah berterus terang.

Suatu malam Andrew, Matt dan Steve pada sebuah pesta menemukan sebuah lubang, seperti bekas pesawat yang jatuh ke bumi. Mereka pun masuk ke dalamnya dan menemukan sebuah kristal-kristal aneh. Kamera Andrew tidak bekerja dengan baik, Steve mengeluarkan darah dan mereka bertiga pingsan. Setelah beberapa minggu kemudian setelah Andrew bisa memperbaiki kameranya, mereka merekam aktivitas mereka berikutnya yaitu kemampuan telekenesis.

Andrew, Matt dan Steve belajar kemampuan mereka dan secara tak menyadari mereka pun makin lama makin kuat, terutama Andrew. Mereka pun akhirnya bisa terbang, bisa memindahkan mobil. Mereka juga membalas teman-teman mereka yang membully-nya. Sampai kemudian terjadi insiden yang itu ketika secara tak sengaja Andrew mendorong sebuah mobil hingga masuk ke sungai. Mereka kemudian membuat aturan agar tidak menggunakan kekuatan mereka sembarangan.

Namun dengan seiringnya waktu Andrew makin kuat dan itu bisa dirasakan oleh teman-temannya. Ia menjadi sombong, ia menjadi beringas dan tak bisa dikendalikan. Secara tak sengaja ketika Andrew sedang stress berat ia terbang ke atas langit. Steve pun menyusulnya, ia tahu bahwa kekuatan Andrew makin besar. Ketika di antara awan itu kemarahan Andrew membuat Steve tersambar petir dan Steve pun meninggal. Andrew makin tak terkendali. Bahkan akhirnya ketika ia melihat ibunya kesakitan dan butuh obat, ia akhirnya merampok dengan kekuatan supernya. Namun nahas ia terkena ledakan di sebuah SPBU yang dia rampok. Sang ayah pun marah kepadanya, dan mengatakan bahwa gara-gara mencari dia sang ibu meninggal. Tapi hal itu semakin membuat Andrew tak terkendali dan membuat kekacauan di seluruh kota. Matt satu-satunya keluarganya harus bisa menghentikan Andrew, karena ia adalah satu-satunya sisa-sisa harapan sebelum Andrew menghancurkan seluruh kota.

Review

Model pengambilan handcam diawali oleh film Blair Witch Project. Kemudian film-film berikutnya pun mengikutinya. Salah satu film yang sukses berikutnya adalah Cloverfield dan Paranormal Activity. Chronicle secara keseluruhan bagus dan layak untuk ditonton bersama keluarga. Walaupun film ini terkesan agak aneh karena tidak hanya berasal dari satu kamera saja, tapi dari banyak kamera. Semisal dari kamera Stacey, kemudian kamera CCTV, kamera handphone dan lain-lain.

Film ini bukan sekedar menceritakan kekuatan super yang dimiliki oleh masing-masing karakter, tapi juga menceritakan sisi psikologis yang dialami oleh masing-masing karakter yang membuat kehidupan mereka berubah. Dari Andrew yang sebelumnya terkesan mengalah jadi lebih berani dan brutal. Matt yang sebelumnya canggung untuk berbicara dengan Stacey akhirnya bisa bicara. Ia pun makin menyayangi sepupunya Andrew karena kelebihannya itu. Dan Steve makin disukai oleh banyak orang dan makin dekat dengan Andrew dan Matt.

Di sini juga ditekankan sisi psikologis, bahwa orang yang mendapatkan tekanan dari banyak pihak dari keluarga khususnya maka ia akan melampiaskan kepada yang lain. Terutama orang yang mempunyai kekuatan super, akan membuat dia tidak bisa mengendalikan diri. Max Landis dan Josh Trank benar-benar memberikan sebuah pengalaman baru dalam menonton orang-orang yang memiliki kemampuan khusus. Akan sangat berbeda kalau Anda pernah menonton sebuah serial Heroes yang dibuat oleh Tim Kring yang mana ceritanya lebih menonjolkan ability masing-masing karakter, tapi yang ada di Chronicle sangatlah beda. Seseorang menjadi superior karena ia sudah tak lagi menganggap penting orang-orang yang ada di sekitarnya. Apalagi ketika mereka mempunyai kemampuan lebih. Siapa yang paling kuat, maka ia akan menjadi pemangsa tertinggi. Sebaliknya orang yang mempunyai kekuatan tinggi tapi memiliki hati yang lembut, maka ia akan menggunakan kekuatannya untuk melindungi orang lain.

Crew

Cast: Dane DeHaan, Alex Russell, Michael B Jordan, Michael Kelly, Ashley Hinshaw

Sutradara: Josh Trank

Penulis dan ide cerita: Josh Trank, Max Landis

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar dong bero

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: