Home > Anime > Suzumiya Haruhi No Yuutsu

Suzumiya Haruhi No Yuutsu

skrinsyut

skrinsyut

Salah satu anime yang unik adalah Suzumiya Haruhi No Yuutsu (Melancholi of Haruhi Suzumiya). Aku baru saja menonton season pertama, season kedua belum. Tapi unik saja rasanya.

skrinsyut

skrinsyut

Singkatnya, anime yang diangkat dari novel berjudul sama ini menceritakan tentang seorang Haruhi. Dia adalah seorang cewek yang misterius. Dia benar-benar tidak mau berteman dengan manusia biasa, ia hanya ingin berteman dengan Alien, Esper, manusia penjelajah waktu ataupun hantu. Perkenalannya ketika baru pertama masuk kelas itu membuat teman sekelasnya yang duduk di depannya bernama Kyon terkejut.

Dan dari deklarasinya pertama kali ini, mengakibatkan ia tak begitu berteman dengan anak-anak seusianya. Tidak satupun klub di sekolah ia ikuti, malah ia mendirikan klub sendiri, yang bernama SOS brigade. Yang pekerjaan dari klub ini adalah untuk menyelidiki segala fenomena yang tak lazim, misterius dan aneh. Dan anggota dari klub ini pun aneh-aneh pula, mulai dari yang mengaku sebagai alien (Yuki Nagato), Time Traveler (Mikuru Asahina), Esper (Itsuki Koizumi), dan mungkin yang normal hanya 2 orang saja, yaitu Haruhi dan Kyon. Sampai akhir episode hanya Haruhi saja yang tidak mengetahui rahasia 3 orang tersebut.

Uniknya adalah, pengarang anime ini yaitu Nagaru Tanigawa membawakan humor yang aneh tapi mengocok perut. Seperti cara untuk mendapatkan komputer, Haruhi harus memotret ketua klub komputer dengan pose pelecehan dengan Mikuru. Dan Mikuru diam saja, anehnya juga sekalipun ia Time Traveler, ia tak membawa sesuatu untuk keamanannya, misalnya pistol beam dan sebagainya sebagaimana agen-agen time traveler di film-film.

Kita akan mengikuti kehidupan Kyon dari awal sampai akhir, sampai seluruh dunia mau hilang gara-gara Haruhi ingin menjadi normal. Ya, seperti salah satu episode di Sponge Bob yang ia ingin jadi orang normal, malah membuat petaka. Di anime ini pun seperti itu. Banyak pelajaran yang nggak logis tapi bisa membuat kita berpikir kritis dalam anime ini, diantaranya “Persahabatan itu tidak memandang siapa kita, dari mana kita, seaneh apapun kita” :D

Categories: Anime
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar dong bero

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: