Home > Drama, Fantasy, Military, science fiction > 5 Film Luar Angkasa Terbaik

5 Film Luar Angkasa Terbaik

Banyak sekali film-film yang mengkisahkan kisah-kisah futuristik yang mengarungi tata surya. Manusia berimajinasi bisa mengendarai sebuah kapal induk terbesar dalam sejarah peradaban manusia, menembus bintang, menemukan planet-planet baru hingga akhirnya bisa menemukan sekelompok kehidupan yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Film-film ini pun akhirnya menjadi sejarah tersendiri bagi dunia perfilman dunia dan menjadi legenda. Berikut 5 film yang Layar Kotak pilih sebagai film yang bertema Luar Angkasa terbaik.

1. Star Wars All Episode

Star Wars

Star Wars

Film ini selalu diawali dengan kata-kata “Long Time A go, In the Galaxy Far-far away…”. George Lucas membuat film ini dengan unik. Yaitu ia memulainya dengan episode IV. Sedangkan ia belum merencanakan untuk membuat episode I, II, dan III. Namun idenya sudah lama dia buat semenjak pertama kali membuat film ini pada tahun 1977. Dikisahkan bahwa di alam semesta ini ada sebuah kekuatan yang disebut The Force. Kemudian ada orang-orang yang diberi anugerah untuk bisa mengendalikan The Force yang ada dalam dirinya, merekalah disebut Jedi. Jedi punya kekuatan supranatural, bisa menggunakan kekuatan telekenesis dan memainkan lightsaber.

Film Star Wars sendiri kemudian menjadi fenomena tersendiri bagi orang-orang yang menggemarinya. Kostum-kostum clone, kostum-kostum Vader pun menjadi trend, miniatur, lego, mainan dan bahkan iklan komersial pun membuat parodi dari Star Wars. Daftar film Star Wars ini Star Wars Eps I: The Phantom Menace, Star Wars Eps II: Attack of The Clone, Star Wars Eps III: Revenge of The Sith, Star Wars Eps IV: A New Hope, Star Wars Eps V: The Empire Strikes Back, Star Wars VI: Return of The Jedi. Kalau Anda melihat filmnya dari episode pertama dulu, maka akan sangat janggal melihat spesial efek yang ada pada film ini, memang aneh, tapi disarankan untuk melihat episode IV terlebih dahulu.

2. Star Trek

Star Trek

Star Trek

Siapa yang tak kenal Kapten Kirk, Spock dan pesawat USS Enterprise? Ya, Star Trek. Sebuah film science fiction yang digarap pada era tahun 60-an. Film ini sendiri menjadi legenda lucunya setelah film ini dibatalkan oleh televisi NBC, hingga kemudian menjual hak siarnya kepada stasiun tv lokal. Ada banyak seri film Star Trek ini seperti Star Trek: The Original Series, Star Trek: The Animated Series, Star Trek: The Next Phase,  Star Trek: The Next Generation, Star Trek: Deep Space Nine, Star Trek: The Voyager, Star Trek: The Enterprise.

Untuk film layar lebar Star Trek I: The Motion Picture, Star Trek II: The Wrath of Khan, Star Trek III: The Search for Spock, Star Trek IV: The Voyage Home, Star Trek V: The Final Frontier, Star Trek VI: Undiscovered County, Generations, First Contact, Insurrection, Nemesis, Star Trek XI.

Tokoh yang paling terkenal di dalam film ini adalah Spock, separuh Vulcan separuh manusia. Sebagai Vulcan ia tak pernah punya perasaan dan selalu berfikir logic. Sebagai manusia ia mempunyai kekuatan yang lebih besar daripada manusia normal. Spock sendiri kemudian menjadi sosok yang legendaris dengan identitas yang sangat dikenal yaitu telinga runcing, alis lancip dan tebal, serta rambut rata. Film ini pun membuat sebuah fenomena baru, yaitu bahasa Kinglon, bahkan sampai dibuat kamus tersendiri untuk bahasa ini.

3. BattleStar Galactica

Battlestar Galactica

Battlestar Galactica

Salah satu film seri tentang luar angkasa yang terkenal adalah Battlestar Galactica. Sebuah film seri yang tayang perdana pada tahun 1978. Film seri ini berkisah tentang petualangan manusia menjelajah luar angkasa untuk menemukan kehidupan baru. Sekalipun hanya tayang satu season, ternyata film seri ini punya penggemar tersendiri.

Pada tahun 1979, ABC yang merupakan stasiun yang memiliki hak siar ini men-cancel tayangnya. Hal ini tentu membuat shock para penggemarnya. Isu yang beredar dikarenakan minimnya budget. Kemudian setelah itu muncullah berbagai spin-off atau short story yang mengkisahkan film seri ini, hingga pada tahun 2004 kembali film ini tayang lagi. Namun kali ini lebih sebagai reboot daripada melanjutkan apa yang sudah difilmkan sebelumnya. Sampai sekarang pun film ini masih tayang dan memiliki fan-boy tersendiri.

4. Macross

macross

macross

Macross adalah sebuah kapal induk besar yang bertugas untuk melindungi bumi. Kapal induk ini lebih bisa disebut sebagai sebuah robot raksasa yang besarnya bisa menampung sebuah negara. Ya, film animasi Macross yang terkenal dengan pesawat Valkyrie yang bisa memuntahkan ratusan misil dalam sekali tembak ini merupakan film legendaris. Judul aslinya adalah Super Dimension Fortrees Macross. Awal mulanya adalah penduduk bumi dikejutkan dengan sebuah pesawat ruang angkasa yang jatuh ke bumi. Pesawat itu pun kemudian diberi nama SDF-1 Macross. Setelah pesawat tersebut bisa diperbaiki, datanglah alien yang bernama Zentradi yang secara tiba-tiba pula Macross menyerang alien tersebut. Para kru yang kebingungan dengan kejadian itu pun mengaktifkan sesuatu sistem yang disebut fold, sistem tersebut membuat mereka teleport ke sebuah ujung tata surya beserta kota dan penduduknya.

Setelah menyelamatkan semua yang masih tersisa. Kapten Global yang memimpin Macross ini pun akhirnya mau tak mau harus kembali ke bumi dengan mesin manualnya, karena mesin fold sudah rusak parah semenjak terakhir digunakan. Macross boleh dibilang sebuah perjalanan panjang manusia menuju ke tempat kelahiran mereka, dan mereka pun dihadang oleh alien-alien yang ingin menguasai Macross. Seri anime ini pun banyak sekali dan sudah dijadikan movie. Tak ketinggalan vendor-vendor video game, mainan dan merchendise lainnya.

5. Babylon 5

Babylon 5

Babylon 5

Manusia telah membuat sebuah koloni di luar angkasa, Babylon 5 terletak di sebuah sistem bintang Epsilon Eridani, terletak di Langrarian kelima antara Planet Epsilon III dan bulannya. Babylon 5 sendiri ceritanya bukan perang bintang seperti cerita-cerita film tentang luar angkasa lainnya, tapi lebih kepada politik yang terjadi di dalam koloni, yang mana di dalam koloni tersebut ada ras-ras alien yang hidup berdampingan dengan manusia. Di film seri ini diceritakan bahwa bumi baru saja selesai bertempur dengan sebuah ras yang bernama Minbari yang lebih unggul dalam teknologi, yang membawa ras manusia dalam kepunahan.

Babylon 5 sendiri telah mendapatkan banyak Emmy Awards pada tahun 90-an dan menjadi salah satu film science fiction yang bercerita tentang luar angkasa yang sukses di tahun-tahun tersebut.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar dong bero

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: