Home > Action, Anime > Bleach The Movie 4: The Hell Verse

Bleach The Movie 4: The Hell Verse

Bleach The Movie 4

Bleach The Movie 4

Kali ini review tentang anime Bleach The Movie 4. Setelah mengetahui ketidak suksesan Bleach The Movie 2 dan Bleach The Movie 3, Tite Kubo sang pembuat Bleach membuat sebuah ide yang agak lain di The Movie kali ini. Sekali lagi ini adalah Bleach Saga, artinya tidak akan berkaitan ataupun berhubungan dengan Bleach serialnya. Maka dari itu hal-hal absurd yang ada di dalam The Movie yang mungkin berkaitan dengan serialnya tidak akan dihiraukan di Movie ini.

Yang menarik dari The Movie 4 kali ini mungkin versi alter ego Ichigo Kurosaki yang akan lebih sering muncul. Settingnya pun di sebuah tempat yang bukan daerah kekuasaan dari Shinigami yaitu di neraka. Karena mungkin Tite Kubo menyadari bahwa film-film sebelumnya kurang seru lantaran tidak dimunculkannya karakter alter ego dari Ichigo, oleh karena itu di dalam movie kali ini karakter tersebut dimunculkan, yaitu versi Super Hollow dari Ichigo sewaktu melawan salah satu Arancar Ulqiora.

Story

Ceritanya diawali pertarungan antara Ulqiora dengan Kurosaki Ichigo level super Hollow. Yaitu Ichigo Hollow mode dengan bentuk Hollow yang mempunyai kekuatan luar biasa. Kemudian scene berikutnya kehadiran orang-orang bertopeng misterius yang mengincar Ichigo dan teman-temannya. Mereka pun mempunya senjata unik berupa rantai yang terikat di tubuh mereka. Kemampuan mereka lebih cepat dan mereka pun punya topeng-topeng misterius. Ichigo dan teman-temannya kewalahan menghadapi mereka, namun salah satu dari mereka berhasil dipecahkan topengnya oleh Ichigo. Kemudian terbukalah pintu neraka dan sebuah tangan raksasa membawa pedang menghancurkan salah satu orang bertopeng misterus tersebut. Dan nahasnya adik Ichigo yaitu Yuzu diculik oleh gerombolan tersebut.

Sekali pun begitu ada orang misterius bernama Kokuto yang ikut bertempur mengalahkan orang-orang bertopeng itu. Dia pun mengatakan bahwa ia berasal dari neraka, dan mau menolong Ichigo untuk pergi menyelamatkan Yuzu. Akhirnya yang ikut ke neraka bersama Ichigo adalah Ishida Uryuu, Kuchicki Rukia dan Abarai Renji. Sado tidak ikut karena luka akibat pertarungannya dengan orang-orang bertopeng itu sangat parah dan perlu disembuhkan oleh Orihime Inoe.

Perjalanan ke neraka pun tidak mudah. Mereka harus menghindar dari para penjaga neraka. Hingga akhirnya mereka pun sampai ke dasar neraka bertemu dengan orang-orang menculik adik Ichigo. Di sinilah Kurosaki Ichigo berjuang mati-matian untuk menyelamatkan Yuzu, namun ternyata dugaannya salah. Penjahat sebenarnya adalah Kokuto yang ikut pergi bersamanya ke dalam neraka terdalam itu. Tujuan Kokuto adalah membangkitkan kekuatan besar yang dimiliki oleh Kurosaki Ichigo, agar ia bisa terbebas dari rantai yang membelenggunya di neraka. Sayang sekali Ichigo pun terpengaruh dan kekuatan besarnya hampir saja menghancurkan neraka, sehingga gerbang neraka terbuka. Walaupun ia bisa menyelamatkan adiknya dan Renji mengirimnya kembali ke dunia, tapi ia tak bisa menyelamatkan teman-temannya.

Pasukan Gotei 13 pun berusaha memperbaiki kerusakan ini. Mereka memperbaiki gerbang neraka yang jebol dan Ichigo pun merasa bertanggung jawab atas ini semua. Adiknya memang selamat, tapi teman-temannya masih di neraka. Ia pun hampir saja membebaskan Kokuto dari neraka. Akhirnya ia harus sendirian pergi ke neraka untuk menyelamatkan teman-temannya dan mengunci Kokuto di neraka selama-lamanya.

Move Forward

Anime dan Manga Bleach sekarang sudah merambah ke Arc terakhir melawan yaitu Shinigami vs Quincy. Bleach yang pernah dinobatkan menjadi the best anime di tahun 2008 memang memiliki penggemar tersendiri walaupun animenya sendiri terkadang lebih banyak fillernya. Tite Kubo sepertinya mengerti kekurangan dari film-film yang telah ia buat sebelumnya. Anime yang lisensinya dipegang oleh Viz Media ini pun akhirnya dibuat lebih banyak adegan pertarunganya, walaupun ceritanya sangat simple. Sebagaimana genre anime ini yaitu action.

Agaknya ia juga menyadari dengan melihat 2 pesaing utamanya yaitu Naruto dan One Piece yang cenderung filmnya payah, karena lebih menitik beratkan tema yang hampir sama tiap filmnya. Saya sendiri menilai film ini tidak terlalu bagus ataupun terlalu jelek. Ketika di awal-awal pun sebenarnya Tite Kubo ingin memberikan cerita singkat tentang siapa jati diri Kurosaki Ichigo bagi mereka yang baru saja menonton Bleach. Terlihat Ichigo yang bisa melihat arwah sedang menolong anak kecil yang mana bunga pemberian ibunya dirusak oleh anak berandal. Adegan ini pernah muncul juga di serial animenya, namun dalam pengemasan yang lain.

Dan selebihnya tidak ada yang istimewa dalam film ini selain Ichigo mendapatkan armor baru dari penjaga neraka. Dan ia pun mengeluarkan Getsuga Tensho dalam bentuk yang lain. Dan adegan itu cuma sebentar. Tidak begitu menarik sebenarnya. Ceritanya sebenarnya bisa dikembangkan lagi dengan memberikan cerita atau gambaran masa lalu Kokuto namun tidak ditampilkan di sini, bahkan juga harusnya diceritakan bagaimana Kokuto bisa keluar dari neraka.

Memang ada arc-nya yang khusus ditampilkan di manga, yaitu ketika Ulqiora di interogasi oleh Kokuto. Karena Kokuto bisa melihat masa lalu Ulqiora yang bertarung dengan Ichigo sampai menghancurkan Hueco Mundo. Tapi itu pun tidak mewakili siapa sebenarnya adik Kokuto dan kenapa dia dipenuhi dendam. Agaknya hal inilah menjadi salah satu nilai minus dari Bleach The Movie 4 The Hell Verse.

Nilai

Selamat Bleach mendapatkan skor 7 dari 10. Aksinya bagus, ceritanya lebih bagus dari film sebelumnya, tapi sayang sekali masi datar dan tidak berkembang seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Anda punya penilaian sendiri?

About these ads
Categories: Action, Anime
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar dong bero

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: